Tuesday, June 19, 2012

Tips Mencegah Virus untuk menginfeksi Komputer/Laptop.



Lebih baik mencegah daripada mengobati, peribahasa ini sangat ada benar nya. Bagi para pengguna komputer/laptop pemula, sangat mudah untuk terinfeksi oleh virus, karena pengetahuan tentang asal dari mana datang nya virus itu masi minim.

Komputer/Laptop yang sudah terinfeksi oleh virus tidak dapat di bersihkan 100% apa bila virus tersebut sudah menyerang file system dan .exe. Pada saat itu siapkan saja untuk format komputer anda. apabila anda tidak bisa memformat sendiri, terpaksa menyuruh kawan atau teknisi yang mana tetap ada biaya nya .

Belum lagi data data yang akan hilang karena virus, bukan nya lebih mencegah dari pada memformat ulang komputer anda? 

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips dalam mencegah virus untuk menyusup ke komputer/laptop kita. Tips ini berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan komputer selama bertahun-tahun tanpa infeksi virus sama sekali.  (sombong mode on )


langsung aja ya. meluncur ke tips-tips nya .............


  1. Pertama-tama, tentu komputer kita harus ada terinstall Anti Virus, karena dengan anti virus ini lah kita bisa tahu virus yang akan menyusup ke komputer kita dan bisa di block sebelum infeksi ke komputer kita. Saya sendiri hanya menggunakan Smadav free dan Eset Smart Security NOD32. alasan saya memakai smadav, karena ia nya gratis dan produk indonesia.... , dan Eset sangat ringan, maka nya saya tetap menggunakan anti virus dari pertama kali saya mengerti tentang komputer beberapa tahun yang lalu.  Saya Menyarankan menggunakan Smadav + anti virus pilhan anda sendiri (kapersky,bitdefender,dll). 
  2. Setelah terpasang anti virus di komputer, langkah selanjut nya. matikan Autorun di Komputer/laptop cara nya:
    windows 7 --> Control Panel -->cari dan buka AutoPlay --> kemudian, hilang kan centang pada "auto play on all drives" --> kmudian tekan save di bawah.
    windows XP---> buka RUN, ketik "gpedit.msc" tanpa tanda kutip --> Pilih administrative --> system  --> autorun , klik 2 x--> kemudian pilih enable, bagian bawah on all drives --> ok
  3. Nah...anti virus sudah terpasang, auto run udah di tutup, dengan begitu, paling tidak virus tidak bisa seenak hati nyusup ke dalam computer tanpa sepengetahuan kita. Terus, apa computer kita masi bisa terinfeksi oleh virus? tentu masi bisa, ini tergantung dari pemakain oleh setiap user. Tidak ada anti virus yang 100% mencegah virus, kecuali user sendiri :)
  4. untuk User hindari download applikasi dari sumber yang tidak terpercaya apalagi kalo crack dan website porno. itu sarang nya virus. Kalau untuk virus flashdisk, komputer anda sudah terproteksi dengan baik, karena setiap kali anda menghubungkan flashdisk ke komputer, smadav akan langsung scan flashdisk tersebut, jika di temukan virus, jangan di buka flashdisk tsb, tetapi di format aja langsung
dengan beberapa langkah mudah ini, paling ga anda sudah siap untuk mencegah virus bersarang di komputer anda. 

semoga bermanfaat.

0 comments: